Agar Memiliki Karakter Yang Kuat Serta Disiplin, SMK Manahijul Huda Gandeng Koramil Dukuhseti



Bati Tuud Koramil 10/Dukuhseti  Peltu Nurkhamid bersama 2 personel Babinsa memberikan materi wasbang (Wawasan Kebangsaan) dan pengetahuan dasar bela negara.

Selain dua materi tersebut, pengenalan PBB (Peraturan Baris Berbaris) juga diberikan sebagai aplikasi kegiatan lapangan dalam rangka masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMK Manahijul Huda desa Ngagel kecamatan Dukuhseti kabupaten Pati.Sabtu,(20/07/2024).

Di hapadan 150 siswa baru, pemateri menyampaikan bahwa bela negara yang berarti sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. 

"Jenis ancaman yang kita hadapi sekarang bukan lagi hanya serbuan dari negara lain, tetapi ancaman baru berupa gerakan ekstremisme, gerakan radikalisme, gerakan terorisme, perdagangan manusia, kejahatan narkoba, penyelundupan senjata, dan kejahatan cyber,"kata Peltu Nurkhamid.

"Karena itu, Presiden RI Ir. Joko Widodo menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia, untuk terpanggil menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaan kita untuk ikut serta bela negara, dimanapun kita berada, apapun pendidikan kita, apapun profesi kita, apapun pekerjaan kita, semua punya hak, semua punya kewajiban, semua punya kesempatan yang sama untuk bela negara,"jelasnya. 

Setelah materi di kelas, tim dari Koramil Dukuhseti melanjutkan kegiatan di lapangan tentang pengenalan dasar PBB oleh Sertu Jahari dan sertu Sumarno yang tujuannya membentuk karakter anak serta kedisiplinan.

Materi yang diberikan diantaranya, gerakan di tempat terdiri dari sikap sempurna, sikap istirahat. Dilanjutkan gerakan perumahan arah meliputi hadap kanan, hadap kiri, gerakan perpindahan tempat, langkah tegap dan penghormatan.(Pendim Pati )

About LintasPati.Com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.